Portofolio Perbankan Syariah di Era Revolusi Industri 4.0

KUDUS - Program Studi Manajemen menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Portofolio Perbankan Syariah di Era Revolusi Industri 4.0”. Kuliah tamu dengan narasumber Bapak Hadi Suseno dari BNI Syariah Kudus ini diikuti oleh mahasiswa semester lima. Dalam kuliah tamu ini, beliau menjelaskan tentang pentingnya Perbankan Syariah di era revolusi industri 4.0 saat ini. Bagaimana 4IR akan berdampak pada kehidupan kita. Dampak 4IR pada produksi, pertumbuhan ekonomi, energi, informasi dan hiburan, layanan kesehatan, perdagangan dan investasi, pendidikan, konsumsi.  Perkembangan teknologi digital yang disruptif telah merevolusi sektor retail, khususnya e-commerce. Tak cukup hadir secara online, beberapa e-commerce kini juga membangun offline store dengan sentuhan teknologi ARTIFICIAL INTELLIGENCE dan MACHINE LEARNING

Revolusi dalam hal pembayaran transaksi. Konsumen kini kian massif mengadopsi CASHLESS LIFESTYLE dengan melakukan pembayaran secara digital. Hadirnya startup digital yang mengusung fintech, khususnya payment semakin massif. Sebut saja Go-Pay, Ovo, Link Aja hingga Dana berlomba-lomba mengakuisisi konsumen dengan beraneka promo diskon maupun cashback.  Mereka saling berlomba untuk mengembangkan ekosistem sendiri dengan semboyan: MOVE FAST, DOMINATE THE MARKET!!!.

Go-Pay misalnya, kini tak hanya bisa digunakan untuk transaksi didalam ekosistem layanan Gojek. Mereka sangat ekspansif dengan merambah UMKM khususnya kuliner dan pedagang-pedagang kecil, bahkan semua pembayaran. Ambisi mereka: “mengGoPaykan semua pembayaran”.