Buka Bisnis Impianmu di Tokopedia

KUDUS - Program Studi Manajemen Mahasiswa semester tujuh  Universitas Muria Kudus mengikuti kuliah tamu dengan tema “E-Business di era revolusi industry 4.0”. Kuliah tamu yang berlangsung dari jam 08.00 sampai dengan jam 15.00 ini dipandu langsung oleh narasumber dari tim Tokopedia Semarang yaitu Ferry Listiawan SE.  

Dalam kuliah tamu ini, pembicara mengajak mahasiswa untuk memulai bisnis online. Membangun bisnis online dengan membuka toko online dapat dimulai dengan 4 langkah yaitu langkah pertama adalah dengan memiliki produk unik dan penamaan efektif; langkah kedua adalah upload foto produk semenarik mungkin, langkah ketiga adalah dengan memasang harga yang kompetitif, dan langkah terakhir adalah dengan memasarkan lewat jaringan pribadi dan social media Di Tokopedia kategori yang ditawarkan sangat banyak. Ferry mengatakan “produk apa saja bisa dijual di Tokopedia”.

Ferry juga mempraktekkan cara membuka toko online melalui Tokopedia. Tahap pertama adalah dengan membuat akun, tahap kedua menentukan alamat dan jasa pengiriman, tahap ketiga upload foto produk kemudian deskripsikan produk yang akan dijual mulai dari bahan material, ukuran, dan nilai plus dari produk tersebut. Tahap keempat dengan mendaftarkan akun bank untuk transaksi dengan konsumen. Tahap kelima adalah Mengelola toko: Jadikan Qualified Seller.