Kuliah Umum: Akuntansi dan Manajemen di Era Revolusi Industri 4.0

KUDUS - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus kembali menyelanggakan kuliah umum yang bertajuk “Akuntansi dan Manajemen di Era Revolusi Industri 4.0”. Kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber dari Universitas Indonesia, yakni Dr. Dwi Martani, CPA, CA. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Sabtu (21/12) di Auditorium Universitas Muria Kudus. Mahasiswa program studi akuntansi dan manajemen FEB UMK semester V (lima) diwajibkan hadir mengikuti kuliah umum ini.

Pada kesempatan tersebut, Dwi Martani mengenalkan tentang Revolusi Industri 4.0, UKM di Era 4.0 dan Entrepreneur Muda Era Revolusi Industri 4.0. Revolusi industri 4.0 merupakan revolusi industri yang ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, cloud computing, sistem big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.

Beliau juga menyampaikan bahwa entrepreneur perlu menyiapkan beberapa hal untuk bersaing di era revolusi industri 4.0. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah keterampilan, khususnya keterampilan umum dan keterampilan khusus. Tak hanya itu, di era revolusi industri 4.0 ini kita  harus dapat berinvestasi pada pengembangan digital skills, menerapkan prototype teknologi baru, pendidikan berbasis international certification dan digital skills, responsif terhadap industri, bisnis dan perkembangan teknologi, pembelajaran berbasis human-digital skills.