Seminar Literasi Pasar Modal Sebagai Instrumen Investasi Bagi Generasi Muda

FEB UMK - bekerjasama dengan DPR-RI, OJK dan Karang Taruna Kabupaten Kudus menyelenggarakan Seminar dengan tema “Literasi Pasar Modal Sebagai Instrumen Investasi Bagi Generasi Muda”.

Pembicara pada seminar ini adalah Dr. H. Musthofa, SE, MM, anggota DPR-RI dari fraksi PDI Perjuangan komisi XI bidang Ekonomi dan Keuangan dan Nur Satyo Kurniawan, SST, Ak, M.A., M.Ec.Dev., C.A Kepala Bagian Informasi dan Dokumentasi Kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Dr. H. Mochmad Edris, Drs., MM, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK dan dihadiri oleh pejabat struktural Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK , dosen beserta  150 mahasiswa.

Dr. Drs. Ag Sunarno H,.. M.M selaku moderator pada acara ini menyampaikan bahwa acara seminar ini  juga merupakan acara kangen-kangenan, karena Dr. H. Musthofa, SE, MM adalah putra Kudus yang mendedikasikan diri untuk negeri. Sebelum bertugas di DPR-RI, beliau adalah Bupati Kudus 2 periode berturut-turut, masa jabatan 2008-2013 dan masa jabatan 2013-2018.

Dr. H. Musthofa, SE, MM selaku pembicara pertama pada acara ini menyampaikan materi tentang “Peran dan Fungsi OJK Dalam Perlindungan Konsumen”. Tema ini sangat relevan dengan kondisi kita sekarang dimana banyak kejadian pengambilan paksa kendaraan di jalanan oleh debt collector dan munculnya pinjaman online. Mustofa menyampaikan bahwa kita harus hati-hati dalam menghadapi Fintech karena ada Fintech Legal dan Ilegal. Beliau menyampaikan tips-tips dalam melakukan pinjaman di Fintech yaitu Kenali Platformnya Pinjaman Online, Pahami Manfaat, Biaya, dan Risikonya Sebelum Meminjam.

Peserta seminar sangat antusias mendengarkan paparan dari Dr. H. Musthofa, SE, MM, selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, peserta yang aktif menjawab dan bertanya mendapatkan reward dari kang Mus (sapaan akrab beliau). Kang Mus menutup paparan dengan memberikan motivasi kepada para peserta untuk bisa menjadi pemimpin masa depan yang menjadi suri tauladan, minimal memimpin daerahnya.

Pembicara kedua Nur Satyo Kurniawan, SST, Ak, M.A., M.Ec.Dev., C.A, menyampaikan materi tentang OJK, Literasi Keuangan, Pasar Modal dan Yang Muda Yang berprestasi. Materi ini dilatarbelakangi tingkat pemahaman (literasi) masyarakat yang masih rendah terhadap industri jasa keuangan dan produk/layanan keuangan, terbatasnya informasi dan layanan keuangan yang dapat dijangkau oleh golongan masyarakat tertentu dan masih banyak kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Pemateri memberikan motivasi kepada para peserta untuk melakukan investasi, bukan hanya sebagai spending dan saving saja.